Rabu, 26 Oktober 2011

Tips ngerjain laporan

Tulisan ini sedikit tips ngerjain laporan dari sudut pandang praktikan dan asisten., (curcol asisten sebenernya., hehehe)
  1. Klo laporannya tulis tangan, maka usahakan serapi mungkin. Tulisan g bagus gpp asal bisa dibaca. Coz klo g bisa dibaca, maka tamatlah riwayat sang penulis laporan ditangan asisten yang frustasi membaca tulisannya.
  2. Gunakan b.indonesia dengan baik dan benar. Minimal kalimat yang dirangkai harus n wajib dapat dimengerti. Jadi, bacalah laporanmu sebelum dikumpulkan.
  3. Ikuti semua peraturan atau kerangka penyusunan laporan praktikum yang diberikan asisten.
  4. Tinjauan Pustaka merupakan teori/ kutipan dari berbagai sumber yang berhubungan dengan praktikum yang dilakukan, dan alangkah lebih baiknya klo tipus nyambung dengan pembahasan. Dan di beberapa laboratorium mewajibkan bahwa 1 sumber dikutip satu paragraf bukan 1 kalimat.
  5. Biasanya point pembahasan nilainya paling tinggi, jadi silakan jelaskan semua yang perlu dijelaskan dalam pembahasan. Klo asisten sudah memberikan kisi2 pembahasan, maka ikutilah kisi2 tersebut.
  6. Pembahasan umumnya mengandung kalimat sebab-akibat atau analisa, so jangan sampai kebalik hubungan sebab-akibatnya, atau malah hanya disebutkan tanpa dijelaskan/dianalisa.
  7. Hindari menyalahkan praktikan, alat atau metodologi. Cara mengapa hasil praktikum tidak sesuai dengan teori yang ada. Dan alangkah lebih baik klo menyebutkan teorinya terlebih dahulu sebelum mengatakan bahwa hasil pengamatan tidak sesuai teori. Kemudian dijelaskan deh kenapa bisa g sesuai.
  8. Kesimpulan itu merupakan jawaban atas tujuan yang telah kalian tulis di pendahuluan, so cukup menjawab tujuan saja, tidak perlu melebar kemana2.
  9. Aturan penulisan Daftar Pustaka itu banyak banget guys, tapi yang perlu kalian lakukan adalah menuruti aturan yang ditentukan oleh praktikum tsb/asistennya.
  10. Bila perlu baca ulang semua lopranmu dari awal hingga akhir sebelum dikumpulkan.
Nah, inilah sedikit tips mengerjakan laporan dariku yang sempet frustasi dan sebel melihat laporan salah satu praktikanku. hiks..
Semoga bermanfaat dan lakukan yang terbaik yang kalian bisa guys!!! :)

Semangat!!!

Tidak ada komentar: