Jumat, 12 Desember 2008

1 desember lalu

1 Desember kemaren adalah hari HIV/AIDS sedunia. Aku tak tau kenapa tanggal 1 Desember yang dijadiin sebagai hari peringatannya, tapi yang jelas kemaren itu, aku n nak2 canada yang lain brangkat sekolah pagi2 hanya untuk membagi-bagikan pita merah ke semua warga smanda. Kegiatan itu mulai ada di smanda sejak tahun lalu, saat aku dan nak2 canada angkatanku masih imut2. hehehe.

Sebenernya acara itu adalah ide Genthonk saat ia tengah sibuk nabung di kamar mandi rumahnya. 'Ujug2' dia kepikiran untuk membagikan pita merah ke semua warga smanda. Dan alhamdulillah kepsek juga welcome dengan ide itu. Akhirnya dalam waktu 2 hari, kami bersepuluh berhasil membuat kurang lebih 1400 pita lambang HIV/AIDS. Dan rekor itu dikalahkan oleh adek2ku [angkatan di bawahku], mereka bersepuluh berhasil membuat sejumlah pita yang sama dalam waktu kurang dari 8 jam. Luaarr biasaaa..

Ternyata mereka jauh lebih bersemangat dari aku dan kuand2ku dulu. Semua ini kami lakukan hanya sebagai partisipasi kami di hari HIV/AIDS sedunia. Tapi di balik semua itu kami berharap semua warga smanda tau kalo tanggal 1 Desember adalah peringatan hari HIV/AIDS sedunia.

Namun apakah kalian tau apa itu HIV/AIDS..??

HIV dan AIDS itu berbeda. Orang yang terjangkit HIV belum tentu terjangkit AIDS, namun orang yang telah terjangkit AIDS pasti di dalam sel darahnya mengandung HIV. Karna pada dasarnya HIV [human immunodeficiency virus] adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Virus inilah yang menyebabkan seseorang dapat menderita AIDS [Acquired Immune Deficiency Syndrome] yang sebenarnya adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karna rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia. Gejala-gejala ini biasanya timbul berbeda di tiap penderita.

HIV adalah virus yang hidup di cairan tubuh manusia, seperti darah, cairan vagina, sperma, air ludah, air susu ibu dll, namun kandungannya berbeda-beda di tiap cairan. Karna itulah HIV tidak dapat menular melalui ludah, namun dapat menular melalui darah, cairan vagina dan sperma. HIV dapat berpindah dari orang yang satu ke orang yang lain melalui tranfusi darah, hubungan seksual, ibu yang menyusui dan penggunaan jarum suntik yang sama dengan penderita.

AIDS dapat diketahui beberapa tahun setelah orang terditeksi HIV. Itu pun biasanya penderita belum terlalu terganggu dengan adanya penyakit tersebut karna gejala-gejalanya belum nampak.

Nah setelah kalian tau apa itu HIV dan AIDS, tentunya kalian tak perlu lagi takut dan menjauhi para penderita penyakit ini, karna kalo kita tidak melakukan tindakan yang bisa menularkan virus tersebut, kita tak perlu khawatir akan tertular. Apalagi kalo hanya sekedar ngobrol, berdiskusi, bermain dan bercanda bareng dengan penderita.

So, jangan kucilkan mereka, karna mereka juga sahabat kita!

dan satu hal lagi, mungkin bbrp dari mereka tak suka dipanggil ODHA[Orang dengan HIV/AIDS], jadi jangan panggil mereka odha y..

Tidak ada komentar: